Advertorial Bisnis Online

Lock 4G (untuk semua HP Android)

Hallo pembaca pusat informasi, kali ini penulis ingin berbagi informasi mengenai koneksi 4G di HP kesayangan.




(gambar BTS, sumber dari wikipedia)

Udah pada tahu belum bahwa koneksi internet di berbagai tempat sangat tergantung dari BTS (Base Transceiver Station) itu lho menara telekomunikasi dari provider. Kalau masih bingung lihat gambar diatas deh.

Intinya adalah tiap-tiap BTS ternyata dioptimalkan secara khusus untuk pelanggan di daerah tersebut. Misal pelanggan disitu banyak yang memakai koneksi 4G maka jumlah kanal (saluran) 4G disitu akan di prioritaskan sedangkan 3G akan dikurangi, terlebih lagi koneksi 2G (koneksi 2G masih dipakai di beberapa perangkat bank seperti EDC lho).

Nah tiap-tiap BTS tentunya memiliki kapasitas sendiri, bila 4G nya penuh maka kita akan dapet 3G dan sebaliknya, pertanyaannya apakah mungkin koneksi 4G lebih lambar dari 3G? Jawabannya seharusnya tidak!

Secara teori 4G harusnya lebih cepat daripada 3G, kenyataan dilapangan berbeda mungkin karena limitasi dari jumlah kanal 4G itu sendiri, walaupun lebih cepat tetapi penggunaannya bergantian dengan orang lain, tentunya streaming juga bakal buffering .. ...

Langsung aja deh, karena alasan-alasan diatas, kita perlu banget untuk nge lock, nge kunci jaringan kita di 3G only atau 4G only. contohnya penulis sendiri, di kantor koneksi 4G lebih kenceng daripada 4G, tapi kalau sudah di rumah, 3G lebih handal dibanding 4G lho

Ah palingan karena rumah penulis jauh dari BTS? eits tidak kok, rumah saya hanya berjarak 300 - 500 meter dari BTS tentunya masih dianggap deket bukan, sinyal 4G full kok.

Nah begini nih cara mengganti ke koneksi 4G Only atau 3G Only :

Call Kode *#*#4636#*#*
dari aplikasi telephone, langsung aja tekan kode diatas seperti gambar dibawah ya. 

 

sekali lagi tekan *#*#4636#*#*, contoh gambar diatas tidak ditutup bintang karena gak bisa di screen shot setelah ditulis. Setelah itu pembaca klikmenurutsaya akan diarahkan ke halaman berikutnya seperti berikut : 

 
bila HP pembaca memiliki dua simcard, bisa diminta untuk memilih apakah phone information 1 atau phone information 2, berhubung saya pakai di sim1 saya pilih phone information 1. Setelah itu muncul pilihan begini ya, inilah halaman sakti untuk mengunci koneksi 4G atau 3G nya.

 
Nah disitu terlihat tulisan Set  Preferred Network Type, klik disitu akan muncul pilihan koneksi jaringan seperti dibawah :

 

Pilih saja LTE Only bila ingin mengunci di jaringan 4G, dan pilih WCDMA Only untuk kunci di jaringan 3G.

O Iya salah satu kelebihan penguncian di jaringan 4G yang pembaca sukai adalah, kita tidak bisa di telpon! Lho kok malah seneng? Iya soalnya ada beberapa games yang kalau saya main, saya gak suka di telpon seperti : Mobile Legend, Clash Royale. Gak seru kan kalau kita lagi berjuang naikin rank atau ladder, tiba-tiba putus hanya karena ada yang nelpon. 

Iya kalau penting, kalau cuma nanya : "tadi aku naruh kunci dimana ya?" kan gak seru, apalagi dikerjain sama salah sambungnya genFM .. ..

Ada cara yang lebih baik gak untuk kunci ke 4G dan 3G nya? kalau ada, tolong berbagi di kotak komentar ya!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::