Advertorial Bisnis Online

Susu Formula Bayi Rasa Melamin dari China


Tahukah anda menurut hasil survey yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Beijing dari tanggal 20 September 2008 s/d 24 oktobrt 2008 atas 307.000 keluarga yang memiliki bayi di Beijing, sebanyak 75.000 bayi di antaranya mengkonsumsi susu yang terkontaminasi melamin. Empat anak telah meninggal dan ribuan yang lain jatuh sakit akibat susu formula yang mengandung melamin di China. 3.000 Anak hingga saat ini masih dirawat di rumah sakit. Ironisnya belakangan ini penggunaan melamin itu tidak hanya ditemukan pada susu formula bayi saja namun ada juga penggunaan melamin di minuman dan makanan yang lain.

Negara China memang terkenal dengan segala hal yang murah. bahkan kita kalau membeli barang di China kita tinggal bertanya barang tertentu dengan harga tertentu ada tidak? misal dalam bahasa jakarta neh : "bang beli kulkas harga 100rb ada gak?", nah kalau pertanyaan macam itu dilontarkan di toko elektronik di Indonesia pasti marah tu yang punya toko. Tapi ternyata di China penjaga toko itu bisa aja bilang ADA! Tapi tentu saja kualitas barang yang dijual dengan harga segitu ya dibawah standar. "Ada harga ada rupa" kata orang Indonesia.

Menurut saya melamin bisa saja memang di tambahkan di susu formula bayi tersebut. Alasannya cukup sederhana yaitu untuk menekan harga produksi. Susu tersebut mungkin memang diberikan dengan alasan kimiawi tertentu. Sebagai informasi kepada anda, penambahan melamin pada susu bayi akan memperlihatkan kandungan protein yang lebih tinggi pada pemeriksaan kandungan protein di laboratorium. Ini berarti dengan kandungan protein yang sedikit, akan terlihat lebih banyak dengan penambahan zat melamin.

Dalam beberapa tahun, memang tidak diketahui secara pasti dampak melamin pada susu bayi ini. Barangkali inilah yang membuat badan POMnya China meloloskan merek susu formula yang mengandung protein tersebut. Namun penelitian belakangan ini menyebutkan susu formula tersebut telah dikonsumsi secara bebas dan ada kasus kematian bayi yang disebabkan oleh konsumsi susu formula bermelamin ini.

Nah ini berarti China sendiri memang selalu mencari cara untuk menekan biaya produksi (dengan cara apapun) tanpa mengindahkan bahaya yang ada dibalik produk-produk mereka. Setelah ada kasus tertentu dan adanya banyak protes dari penduduk China sendiri (baik di China maupun di negara lain) barulah mereka mengambil tindakan untuk memeriksa ulang kadar melamin yang ada dan membatasi penggunaan melamin dalam produk susu bayi di China.

Nah setelah membaca ulasan dari berbagai media tentang penggunaan melamin pada susu bayi dari China saya sendiri merasa bahwa banyak sekali produk makanan China yang mungkin tidak aman bagi kesehatan. Apalagi mereka memang terkenal dapat menekan biaya produksi sedemikian rupa untuk meningkatkan daya saing dalam menjual produk mereka.Bahkan saya yakin permen whiterabbit favorit saya itu masih mengandung melamin banyak :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::