Advertorial Bisnis Online

Pay Per Click dari A sampai Z




Pengertian Pay Per Click

Pay Per Click dimulai dari adanya ide untuk menjual hasil pencarian pada search engine di tahun 1998. Kita bisa menjual link di search engine dengan harga 1 penny atau 2 penny untuk setiap klik. Sistem penjualan iklan ini telah berkembang dengan cepat menjadi salah satu pasar iklan di internet yang kompetitif.

Dengan menggunakan layanan Pay Per Click, sebuah situs pengiklan bisa mendapatkan traffic dengan cepat dari situs lain sehingga memungkinkan pengujian model bisnis baru dengan cepat pula secara real time. Jadi dengan menggunakan layanan PPC situs pengiklan tidak perlu menunggu agar situsnya tampil di halaman depan search engine dan mendapat traffic dari search engine.

Namun demikian rupanya perlu dikaji ulang harga iklan PPC sehingga situs pengiklan bisa mendapatkan harga yang wajar. Untuk itu perlu dilihat juga apakah pengeluaran untuk iklan ini masih terbilang menguntungkan dibanding dengan pemasukan dari penjualan situs. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sasaran iklan, pemantauan iklan pesaing dan penelitian mengenai kata kunci yang kita gunakan untuk memasang iklan.

Alasan Menggunakan Layanan Pay Per Click

Beberapa pemilik situs mungkin sudah menyadari hal ini. Alasan menggunakan Pay Per Click cukup mudah ditebak. Yaitu mendapatkan Traffic dengan cepat sehingga bisa meningkatkan konversi/penjualan dari situs yang kita miliki.

Pada proses yang wajar, sesuai dengan angka statistik kita mendapatkan traffik 90% dari search engine. Bila ini terjadi maka kita harus menunggu sampai search engine melakukan indexing ke situs kita sehingga situs kita tampil di halaman search engine. Namun demikian bila kita ada di nomor 200rb, user mana yang mau membuka halaman kita?

Hal lain yang mungkin mendorong pemilik situs menggunakan Pay Per Click adalah keinginan untuk mendapatkan Feedback dengan cepat sesuai perkembangan pasar saat ini. Satu hal lain yang mungkin adalah untuk membuka peluang prototype bisnis online baru sebelum kita melaunch model bisnis tersebut di Internet.

Sebagai contoh anda bisa menggunakan kekuatan PPC seperti kliksaya.com untuk menawarkan produk tertentu milik anda. Jika tidak ada yang tertarik untuk berkunjung atau kurangnya klik atas iklan kita di kliksaya.com tersebut maka hal itu bisa merupakan indikasi atas beberapa hal sebagai berikut :

- Harga yang kita tawarkan untuk iklan terlalu rendah
- Pasar belum siap akan produk yang kita jual
- Pasar sasaran yang kita bidik salah
- Situs yang kita iklankan tidak memberikan penawaran menarik


Mendapatkan Feedback dari PPC dan Search Engine

Ketika kita membuka account PPC semisal kliksaya.com, mungkin kita ragu untuk membelanjakan banyak uang kita di pasar iklan PPC tersebut. Bila kita membelanjakan sedikit uang, situs bisnis online kita mungkin kehilangan kesempatan mendapatkan indexing yang telah disiapkan oleh search engine. Dengan kata lain ketika kita membelanjakan sejumlah Rp. 300.000,-- untuk beriklan di kliksaya.com sejumlah traffik akan mengalir ke situs kita. Traffic tersebut kemudian akan di convert oleh search engine dan search engine melakukan indexing dengan memasukan situs kita di kemudian hari. Kemungkinan kita bisa muncul di halaman yang lebih depan dari sekarang.

Hal ini menunjukkan bahwa pembelanjaan kita sejumlah Rp. 300.000 di kliksaya.com akan menjadi lebih menguntungkan bila setelah itu kita mendapatkan indexing dari search engine. Bandingkan bila kita hanya membelanjakan Rp. 20.000 setiap bulan maka ketika search engine akan melakukan indexing atas peningkatan traffic kita yang berasal dari kliksaya.com, Looping search engine terputus pada saat dana kita (Rp. 20.000) habis dan rencana indexing search engine akan hilang dan Search engine tidak jadi melakukan indexing.

Ini berarti pengeluaran sejumlah Rp. 300.000,-- selama satu periode akan membuahkan lebih banyak hasil dibandingkan pengeluaran sejumlah Rp. 50.000 setiap bulan.

Jika anda adalah seorang yang menawarkan affiliasi, coba hitung kembali total pendapatan anda. Anda mungkin mendapatkan banyak uang dari affiliasi yang anda lakukan. Namun demikian anda juga mengeluarkan banyak uang pula untuk membayar komisi mereka. Bila anda jeli maka jumlah uang yang bisa dihasilkan akan lebih banyak bila kita menjual produk kita sendiri melalui program PPC seperti yang ditawarkan oleh kliksaya.com. Namun demikian daya tarik sesungguhnya dari program affiliasi adalah mendapatkan uang tanpa mengeluarkan biasaya sepeserpun. Anda bisa saja mengarahkan member anda untuk menawarkan produk affiliasi tersebut dengan menggunakan iklan PPC.

Layanan PPC mana yang bisa dipercaya?

Sebetulnya ada banyak sekali situs yang menawarkan layanan PPC di Indonesia. Seperti yang saya contohkan diatas mungkin anda bisa mempercayai kliksaya.com sebagai situs layanan PPC anda.

Alasan apa yang anda perlukan agar anda percaya dengan kliksaya.com? Kontak person yang dihubungi? Alamat yang jelas dan bisa dihubungi? Nomor telepon yang mudah dihubungi? Atau sekedar bukti bahwa dia telah membayar publisher yang menampilkan iklan?

Baiklah semua hal diatas telah terpenuhi oleh kliksaya.com bahkan dia juga telah membuat kontes menulis tentang pay per click di tahun 2008 dan memberikan hadiah sebesar RP. 100.000 kepada 10 penulis yang beruntung. Uniknya lagi karena mungkin hal ini memberi feedback positif di dunia PPC di tanah air, kliksaya.com membuka kontes menulis tentang PPC lagi dengan deadline 15 Februari 2009. Saya sendiri merupakan salah satu publisher kliksaya.com. Saat ini saya tengah menanti pembayaran kedua saya di akhir bulan Februari 2009.

Memang saat ini banyak juga layanan scam di Internet, bila anda masih ragu lakukan pencarian di search engine untuk melihat testimoni banyak orang tentang layanan kliksaya.com termasuk bukti pembayaran yang bisa dilihat di blog.kliksaya.com

Memperkirakan Harga Wajar Iklan PPC

Untuk menilai harga satu klik, Anda harus memutuskan apa tujuan pemasaran yang anda lakukan. Jika tujuan pemasaran anda hanyalah branding maka bisa dipastikan bahwa anda akan kehilangan sejumlah uang untuk menjual brand produk yang anda jual. Sebaliknya dari Branding tersebut anda bisa melihat sejauh mana penetrasi pasar yang telah dilakukan dan sejauh mana peningkatan penjualan yang terjadi.

Bila kita menggunakan layanan PPC untuk menawarkan suatu produk yang kita jual, tentunya anda perlu menghitung berapa harga yang harus kita bayar untuk mendatangkan calon pembeli kepada situs kita.

Tingkat Konversi / Penjualan PPC

Situs di internet dewasa ini rata-rata mempunyai tingkat konversi (conversion rate) mencapai 10% sampai dengan 12 %. Angka ini bisa mencapai 30% lebih bila situs tersebut benar-benar mentargetkan pasar tertentu dan terlihat menarik bagi pengunjung.

Berhubung sedikit investasi diperlukan untuk mendatangkan traffik ke situs kita danbanyak sekali situs pesaing yang menawarkan hal yang sama, produk dengan nilai jual tinggi biasanya memiliki tingkat konversi yang lebih kecil dibandingkandengan produk dengan harga murah. Tingkat konversi yang wajar untuk produk harga mahal berkisar antara 3% sampai dengan 5%.

Menghitung Keuntungan dari PPC

Ada banyak sekali faktor yang menentukan harga sebuah klik pada layanan PPC. Terkadang sulit untuk mengukur nilai Branding tetap beberapa iklan PPC memang terbukti membantu mengenalkan Brand ke Pasar. Bila kita bisa menghitung berapa banyak penjualan, keuntungan tiap penjualan dan memperkirakan berapa banyak nilai konversi dari PPC kita bisa menghitung berapa harga sebuah klik pada iklan kita.

Melakukan Survey dengan PPC

Salah satu kelebihan mengikuti program PPC untuk menjual produk adalah untuk mengetahui tingkat kompetisi pasar. Adalah hal bagus untuk kehilangan sejumlah uang di awal hari untuk mengetahui seberapa bagus produk yang kita miliki dibandingkan dengan produk pesaing. Sayangnya kita hanya mendapati data klikrate dari iklan yang kita tampilkan. Bila kita mendapatkan data pesaing tentunya kita bisa melihat kompetisi yang sedang terjadi. Namun demikian dengan menggunakan data yang kita punya saja, kita bisa melihat sejauh mana atensi pasar akan produk yang kita tawarkan melalui program PPC ini.

Hmm tanpa sadar saya telah menulis hampir 4 halaman A4 disini. Baiklah intinya adalah kita pasti kehilangan uang dalam proses belajar. Untuk itulah bila anda benar-benar ingin terjun dalam bisnis online dengan menggunakan layanan PPC untuk menambah traffik, hitung dari awal tingkat kunjungan ke situs anda sebelum dan sesudahnya. Pada awal mungkin anda belum meraih keuntungan, hal ini wajar karena ini masih dalam tahap pembelajaran. Bila mungkin catatlah semua data yang ada dan bandingkan untung dan ruginya. Jangan lupa anda juga harus mempertimbangkan posisi anda di search engine sebagai feed back mengikuti layanan PPC seperti halnya kliksaya.com

Peserta Kontes Menulis KlikSaya.Com Periode 2

Nama Peserta : Denny Restria
Email : guardianmask @ yahoo .com

13 komentar:

  1. mendapat uang dari ppc? Traffic, traffic, dan traffic :D

    BalasHapus
  2. hehe betul mas jemmy, walau menurut saya agak terbalik. Kalau menurutsaya flownya adalah mendapatkan trafik dan trafik. baru kemudian mengubahnya menjadi uang dan uang :D

    BalasHapus
  3. Uwis artikelnya mantap,aku jadi gak pd nih soalnya agu juga ikut nih

    Bersaing ya kita he.....

    BalasHapus
  4. wong udah lumayan gitu masih minta dukunga, untung aku blm kasih dukungan lewat sms

    BalasHapus
  5. selamat ya dah masuk sebagai pemenang, duh tambah mantab aja neh blognya .. ..

    BalasHapus
  6. terima kasih ya atas dukungannya, berkat temen2 semua saya bisa menang. ayo semangat kita ramaikan kontes blog lainnya!

    BalasHapus
  7. thx lagi buat yang ngucapin selamat.

    ada satu kontes yang lagi pengen diikuti yaitu kontes seo "kampanye damai pemilu indonesia 2009"
    hadiah utama 5jt lho! info lanjut dateng aja ke TKP berikt :

    http://www.pogung177.com/

    BalasHapus
  8. @rusa bawean

    beruntung terpilih sebagai pemenang kontes menulis kliksaya.com. semoga di kontes berikut masih bisa terpilih sebagai pemenang neh :D

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::