Advertorial Bisnis Online

Etika Facebook



Pernahkah anda berpikir bahwa dengan merubah status facebook menjadi single akan membuat pasangan (suami/istri) akan marah dan rumah tangga berantakan? Untuk inilah kita perlu menerapkan etika dalam menggunakan situs media sosial semacam facebook. Beberapa etika diantaranya adalah :

Status Hubungan

Di Indonesia yang menganut adat ketimuran, sebuah status merupakan satu hal yang penting. Perlu dicermati bahwa ketika kita (secara iserng) merubah status hubungan pada facebook maka dengan cepat seluruh teman/rekan/keluarga yang kita kenal akan mengetahuinya. Hal ini tentunya membawa dampak yang buruk bila anda melakukan perubahan secara sepihak sehingga mampu menyinggung pasangan anda. Untuk itu bila ingin merubah status hubungan tersebut, sebisa mungkin bicarakan terlebih dahulu alasannya dengan pasangan agar tidak terjadi salah paham.

Berteman dengan temannya teman.


Saat ini saya sendiri sering menemui banyak permintaan untuk menjadi teman di facebook. Tidak sedikit yang saya ignore karena saya tidak mengenal mereka (walaupun mereka adalah teman sahabat saya) dengan alasan data profile maupun foto saya di facebook adalah rahasia dan hanya untuk teman saja. Melalui pengalaman inilah apabila anda ingin menambah teman dengan berkenalan dan berteman dengan temannya teman, sebaiknya anda mengirimkan pesan terlebih dahulu dan menjelaskan siapa diri anda dan apa keperluan anda.

Berteman dengan mantan


Bila anda adalah tipe orang yang pencemburu, sebaiknya anda siapkan diri terlebih dahulu sebelum menambah mantan anda dalam daftar teman. Pasalnya bisa saja status dan foto yang dia post di facebook membuat anda cemburu. Namun demikian bila anda bukan tipe yang suka ambil pusing dan memiliki sikap dewasa maka tambahkan saja si dia dalam daftar teman.

Facebook bukan tempat curhat


Banyak sekali pengguna facebook yang saya kenal melakukan curhat menggunakan fasilitas status, wall dan komentar. Sebetulnya hal ini tidak pantas dilakukan di facebook karena bisa-bisa rahasia anda menjadi rahasia umum dan kredibilitas anda menjadi turun karena terlalu sering membuka rahasia. Ini berarti anda bukan tipe orang yang bisa menyimpan rahasia dengan baik bukan?

Wall VS Message


Kebanyakan pengguna facebook menggunakan wall untuk melakukan tanya jawab dengan temannya. Hal ini secara etika sebetulnya kurang tepat karena wall dibaca juga oleh rekan lain. Bila anda ingin melakukan tanya jawab yang bersifat pribadi, sebaiknya gunakan fasilitas message



2 komentar:

  1. Saya setuju bgt mas dengan pendapat2nya di atas. Saya juga paling males menyetujui maupun mencari teman2 yang tidak saya kenal di facebook.

    BalasHapus
  2. @tongkonan

    hehe aku juga paling males nambahin orang yg gak di kenal di facebook. bisa2 kita dikirimin iklan2 marketing lagi .. ..

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::