Advertorial Bisnis Online

Jembatan Suramadu


Jembatan Suramadu (foto dari detik)

Pada saat ini bentang tengah jembatan suramadu yang menghubungkan antara pulau Jawa dan pulau Madura (Surabaya dan Bangkalan). Pekerjaan tersulit yang ada dalam agenda pembangunan jembatan Suramadu telah dikerjakan dan sebentar lagi jembatan tersebut dapat dioperasikan segera setelah dilakukan proses finishing atas pembangunan Suramadu.

Untuk hal inilah pemerintah membentuk tim pemantau jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) untuk memonitor struktur dan keamanan jembatan Suramadu. Tim tersebut dinamakan tim SHMS (Structural Health Monitoring System). SHMS bertanggung jawab untuk merawat dan memelihara jembatan Suramadu.

Berhubung jembatan suramadu yang memiliki panjang 5.438 meter berada pada wilayah dengan tingkat korosi tinggi tim SHMS akan melakukan seluruh penelitian yang diperlukan untuk merawat kelangsungan jembatan penghubung Surabaya Madura tersebut. Salah satu protokol perlindungan yang telah ditetapkan adalah adanya system buka tutup jembatan bila terjadi angin kencang yang melebihi 20-27 meter/detik. Dengan demikian pembangungan jembatan yang saat ini telah mencapai 93% ini diperkirakan dapat bertahan hingga 100 tahun kedepan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::