Advertorial Bisnis Online

Membeli Mobil Bekas


Dilatar belakangi pengalaman pribadi dalam memilih da silva (kijang diesel th 2000). Semoga berguna tips membeli mobil bekas ini bagi rekan-rekan yang ingin melengkapi rumahnya dengan kendaraan roda empat.

Minta Bantuan Montir

Ini perlu saya sampaikan dalam tips karena biasanya pembeli mobil bekas adalah orang yang baru akan kendaraan roda empat (pengalaman pribadi). Untuk itu sebaiknya dalam membeli (melihat) mobil bekas kita harus didampingi montir yang kita percaya untuk melihat kondisi kendaraan sebelum dibeli.

Periksa Kolong Mobil

Kolong mobil merupkan hal yang wajib dilihat. Kolong Mobil terutama Sasis Mobil yang telah keropos memerlukan perbaikan yang sangat mahal sehingga patut dipertimbangkan ketika akan deal harga mobil. Perbaikan ini mutlah dilakukan dan berbahaya bila diabaikan.

Kondisi Ban Mobil

Ban Mobil merupakan komponen yang paling cepat aus. Pada mobil bekas biasanya ban mobil tidak terlalu diperhatikan oleh pemiliknya. Untuk itu periksa keadaan ban mobil dan usahakan ban tersebut bukan hasil vulkanisir. Harga ban baru yang mahal merupakan salah satu komponen yang harus dipertimbangkan bila kondisi ban mobil telah rusak.

Lakukan Test Drive

Salah satu hal yang wajib dilakukan dalam membeli mobil bekas adalah test drive. Lupakan pengetesan secara perlahan, mobil harus di periksa dalam kondisi pemakaian karena itu jalankan mobil dalam kecepatan mencapai 60 km/jam guna memeriksa kondisi sickbreaker, kekencangan baut, bodi, rem perseneling dll. Dengan melakukan test drive kita juga bisa mengenali keseimbangan mobil apakah masih stabil atau tidak.

Kondisi Exterior

Mobil pertama terlihat dari luar, untuk itu semaksimal mungkin periksa kondisi cat luar. Perhatikan keaslian cat karena lebih asli lebih bagus. Periksa juga jalan air di atap mobil apakah ada karat atau tidak. Periksa juga bagian atas ban untuk memeriksa besi apakah telah dimakan karat atau belum.

Kondisi Interior

Interior harus masih dalam keadaan bagus, lebih orisinil lebih bagus karena penambahan interior umumnya tidak melekat dengan baik dan rawan kocak. Periksa juga apakah mobil bocor atau tidak ACnya dingin atau tidak dan suara mesin terdengar keras dari dalam mobil atau tidak.

Surat Kendaraan

STNK, BPKB harus asli. Bila perlu beli mobi yang satu kota dengan kita agar kita mudah ketika harus mengurus administrasi seperti perpanjangan STNK maupun ganti plat nomer. Bila memungkinkan tambahkan biaya balik nama sebagai biaya penjual dan kita tinggal menerima jadinya saja.

Dapatkan Informasi Sebanyaknya

Abaikan Penjual, semua kecap adalah nomer satu dan tidak ada madu yang palsu, semuanya asli. Itulah prinsip yang dipegang oleh penjual, karena itu jangan percaya 100 % dengan apa yang dikatakan penjual. Dia mungkin menyebutkan perbaikan ini itu murah dan gampang, harga pasaran menurut dia, penawaran terakhir menurut dia, kemudahan sparepart selama ini dll. Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya lewat teman, browsing dll.

Mesin

Bagi seorang yang pemula maka mesin harus dilihat dengan bantuan montir, namun demikian satu tips yang bisa saya berikan adalah periksa kebersihan mesin. Bila ada oli yang merembes atau menetes bisa dipastikan ada yang tidak beres dengan mesin. Jangan ragu dan sungkan untuk melihat kebawah bagian mobil karena mobil ini bakal menemani anda dalam waktu yang lama.

Khusus untuk mesin anda bisa mengetesnya dengan mengendarainya pada kecepatan yang cukup tinggi dan kemudian menurunkan gigi presneleng ke posisi lebih rendah. Mesin yang masih bagus kondisinya akan berbunyi ngungg secara konstan dan tidak batuk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::