Advertorial Bisnis Online

Mikroarsitektur Intel - Westmere



Baru-baru ini setelah membaca info mengenai westmere, sebuah codename dari mikroarsitektur Intel 32nm, sepertinya bakal banyak sekali produk laptop murah. Bagaimana tidak, dengan mikroarsitektur ini mereka berencana untuk memperkecil ukuran prosesor.

Dengan semakin kecilnya ukuran prosesor, otomatis akan membuka peluang untuk lebih memperkecil ukuran komponen pendukung lain. Berawal dari sinilah ada kemungkinan di hari mendatang harga laptop akan semakin turun dan kemungkinan besar penggunaan PC desktop akan sangat menurun.

Berikut adalah kutipan tulisan dari detikinet :

Westmere, adalah nama kode untuk mikroarsitektur Intel di tingkat 32nm. Dalam IDF 2009, Intel resmi 'memotong pita' era Westmere.

Proses berbasis 32 nm memungkinkan Intel untuk membuat prosesor dengan ukuran lebih kecil. Dalam arsitektur Westmere, Intel bukan hanya menyusutkan prosesor tapi juga menambahkan prosesor grafis -- pabrikasi 45nm -- ke dalamnya.

Saat membuka Intel Developers Forum (IDF) 2009, yang digelar di San Francisco, 22-24 September 2009, CEO Intel Paul S. Otellini mengatakan Intel sudah mampu memproduksi mikroprosesor dalam jumlah besar.

Generasi 32nm dari Intel menggunakan transistor dengan high-k metal gate generasi kedua. Komponen ini adalah kunci dari fitur Turbo Boost pada prosesor generasi terbaru Intel.

High-K Metal Gate memungkinkan salah satu atau beberapa core prosesor dalam sebuah prosesor multi-core dimatikan sepenuhnya. Akibatnya, prosesor yang tersisa bisa mendapatkan tenaga lebih dan menghasilkan performa lebih baik dalam waktu singkat.

Westmere sudah mulai diproduksi dan dikapalkan oleh Intel ke para pelanggannya -- yaitu para vendor perangkat keras dan produsen PC -- pada akhir 2009. Diperkirakan produk berbasis Westmere akan muncul di awal 2010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::