Advertorial Bisnis Online

Sepeda Lipat


Sepeda Lipat
Sepeda Lipat

Yang dimaksud dengan sepeda lipat adalah sepeda yang memiliki mekanisme tertentu sehingga bentuknya bisa dilipat menjadi bentuk yang lebih ringkas dan praktis. Sepeda lipat memiliki engsel khusus pada rangkanya sehingga memungkinkan penggunanya untuk melipat dibawa secara praktis dengan memasukkannya ke dalam tas.

Karena alasan inilah sepeda lipat umumnya digunakan oleh pekerja kantoran untuk berolah raga di pagi hari. Ketika sore hari pada saat capek sepeda ini kemudian dilipat dan dibawa pulang dengan memakai angkutan umum.

Alasan praktis inilah yang kemudian membawa sepeda lipat menjadi populer dalam gerakan Bike to Work. Selain itu alasan penyimpanan di rumah maupun tempat kos juga menjadi alasan tersendiri dimana biasanya tidak ada tempat menyimpan sepeda biasa di dalam tempat kos yang sempit.

Sepeda lipat mulai populer di Indonesia sejak maraknya komunitas pekerja bersepeda. Sepeda jenis ini populer di kalangan penglaju dimana rute-rute pendek mereka tempuh dengan sepeda sementara rute jauh tetap menggunakan angkutan umum.

Sepeda Lipat

Sepeda lipat diatas dapat dilipat dalam bentuk yang lebih kecil misalnya seperti bentuk dibawah ini :



Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembelian sepeda lipat adalah :

Ukuran sepeda lipat

Umumnya sepeda lipat dibagi lagi menurut jenisnya sesuai dengan besaran sepedanya seperti sepeda ukuran standar (16 dan 20 inchi) dan sepeda ukuran besar (24 inchi)

Bahan Sepeda Lipat

Bahan yang lebih bagus dan awet pastinya lebih mahal namun demikian perlu diingat bahwa karena sepeda ini akan dibawa kemana-mana akan lebih baik bila kita memilih bahan yang lebih ringan

Kecepatan Melipat Sepeda Lipat

Pada saat ini topik yang menarik dalam dunia sepeda lipat adalah kecepatan lipatnya. Pada beberapa forum dikatakan ada sepeda lipat yang diklaim dapat dilipat dalam waktu 20 detik, ada juga yang diklaim terlipat dalam 10 detik. Namun demikian yang paling istimewa adalah sepeda lipat dari jepang yang dapat dilipat hanya dalam 2 (dua) detik.




Namun demikian rupanya modelnya kurang menarik dibanding sepeda lipat buatan swiss ataupun buatan cina.

Berikut adalah liputannya yang disadur dari forum sebelah :

Sementara sepeda lipat saat ini sudah ada, variasi baru ini dapat dilipat dengan kecepatan dan keanggunan yang belum pernah terlihat sebelumnya. Sepeda lipat dua detik ini dirancang untuk dilipat dengan cepat saat Anda sedang berjalan kaki. Setelah dilipat, pengendara sepeda dapat mengayuhnya dengan mudah.

Sepeda kecil yang mengagumkan ini memiliki desain bingkai setengah-lipat yang menggunakan ayunan engsel di tengah. Dan sementara ini bukan ide baru, [sepeda lipat bukanlah hal yang baru], Sepeda milik Asawa ini telah menciptakan variasi lipat-tengah yang merupakan kombinasi langka dari kekompakan dan kenyamanan. Frame engsel yang terkunci dilepaskan dengan menarik tuas di stang kiri, pada saat yang sama anda dapat mengayunkan roda belakang ke depan sejalan dengan bagian depan.

Pencipta sepeda ini adalah Asawa Makoto, seorang pria pensiunan dari kota Matsumoto di Prefektur Nagano. Tujuannya adalah untuk menciptakan sepeda yang bisa muat di lift kecil. [Catatan: Perlu diketahui di sini bahwa lift kecil di Jepang tidak jauh lebih besar daripada lemari es yang besar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::