Advertorial Bisnis Online

Mudah dan murah membeli tiket Kereta

Pembaca sekalian pasti banyak yang menggunakan jasa kereta api bukan? Entah para pekerja PJKA (pulang jumat kembali ahad) atau bahkan anak kuliah yang ingin mengunjungi orang tua. Nah dulu ketika penulis masih sering menggunakan Kereta Api, pembelian tiket memang agak sulit karena harus datang ke loket reservasi di stasiun terdekat.

Tingkat kesulitan semakin bertambah dengan datangnya liburan lebaran, liburan natal ditambah makin ramainya calo tiket yang secara tidak langsung memperlangka tiket yang ada. Sebetulnya dengan adanya aturan pembelian tiket H-90 serta keharusan mencantumkan nomor KTP, hal ini tidak menjadi masalah lagi.

Dulu memang penulis masih ingat bahwa pembelian tiket dilakukan H-30, sehingga saya dan kakak harus bergantian antri di Stasiun Gambir agar bisa beli tiket mudik lebaran :D

Hari ini penulis beserta istri ingin kembali menggunakan jasa kereta api utuk mudik ke orang tua, alurnya ternyata berubah .. ..


Customer Service

Dulu kalau sekedar tanya harga tiket, bisa dilayani oleh semua orang, bahkan harga tiket tercantum di papan sehingga tidak mungkin kita bisa salah hitung. Sekarang mau tau harga saja harus ke customer service dan mau ketemu petugasnya itu antriannya panjang, heheh tambah sip aja nih KAI di sektor ini.


Cetak Tiket

Ada yang baru di stasiun (saya lama gak naik kereta), layanan cetak tiket digunakan bila kita sudah memiliki kode booking. Disini penulis iseng tanya harga kereta ke petugasnya, dan ternyata dia juga menjawab harga tiket hanya bisa diketahui dari customer service. Penulis dipersilahkan mengantri, di situ ada 5 orang yang antri. Hei kami cuma mau tau harga tiket. di Internet sih ada banyak harganya tetapi istri lebih senang kalau dapet info petugasnya langsung.


Giliran masuk customer service, dikasih info bahwa kereta yang ingin saya gunakan harganya Rp 50.000. Untuk 4 orang jadi 200 ribu kata penulis dalam hari.


Loket Reservasi dan Loket Go Show

Penulis langsung menuju loket reservasi dan loket Go Show, antrinya ada 30 orang, istri dengan sabar mengisi form biru perihal keberangkatan kami dan menyiapkan uang 200 ribu.

Sambil menunggu, secara iseng peulis melihat lagi counter cetak tiket, disitu tertulis kode booking bisa didapat di beberapa channel seperti indomaret dan ppob BRI, wah seru juga nih mengingat di stasiun juga ada indomaret.

Langsung penulis menuju Indomaret dan bertanya ke Kasirnya, apakah bisa membeli tiket kereta Api di Indomaret? mereka menjawab bisa! Langsung saja hati penulis senang, daripada harus mengantri di loket reservasi dengan jumlah orang 30 di depan, lebih baik tanpa antri di Indomaret.


Harga lebih murah dan mudah

Channel pembelian tiket Kereta Api seperti Indomaret ternyata gak lebih mahal. Setelah dihitung oleh petugas Kasir, harga yang harus kami bayar hanya sejumlah 195.000 itupun sudah termasuk bonus tisu dari Indomaret. Kalau dihitung ya lebih murah, selisih 5 ribu dari harga loket reservasi. Lebih mudah karena gak perlu nunggu antri 30 orang di depan :D

Jadi menurut pembaca mana yang lebih murah dan mudah dalam membeli tiket kereta api ?

Pertanyaan saya adalah, kalau memang di Indomaret stasiun bisa melayani, kenapa masih banyak orang antri di loket reservasi ? apakah pihak KAI DAOP setempat tidak memberi sosialisasi kepada pelanggannya? Bukankah pihak KAI lebih diuntungkan bila semua orang beli di channel lain seperti Indomaret yang tersebar di seluruh daerah?

Sekali lagi harga pembelian di Indomaret lebih murah daripada di loket reservasi lho


1 komentar:

  1. Kalo sekarang cek harga tiket tinggal liat di KAI ACCES

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::