Advertorial Bisnis Online

GTO (Gerbang Tol Otomatis)

Apa sih GTO itu?

GTO (Gerbang Tol Otomatis) adalah gerbang tol dengan mekanisme pembayaran otomatis menggunakan kartu e-money dari Bank Mandiri.

Sesuai dengan pengertian diatas ini berarti :
  1. GTO hanya boleh dimasuki oleh mereka yang memiliki kartu e-money. Pengendara tanpa kartu tersebut tidak diperkenankan melewati GTO karena pintu GTO tidak akan terbuka.
  2.  Kartu E-Money selain Bank Mandiri tidak dapat digunakan di jalur GTO.
Bagaimana bila pengendara tanpa kartu e-money masuk di jalur GTO?

Pengendara tanpa kartu  yang terlanjur masuk ke jalur GTO biasanya akan diminta untuk mundur atau dipersilahkan melewati GTO setelah sebelumnya di edukasi ulang oleh petugas TOL. Namun demikian tentunya waktu tempuh perjalanan menjadi bertambah hanya karena problem GTO tersebut.

Cara menggunakan GTO.

Sesuai dengan ilustrasi yang diberikan oleh Bank Mandiri, GTO dapat digunakan dengan cara :
  1. Gerbang Masuk : Tap Kartu E-Money pada mesin reader GTO lalu secara otomatis gerbang terbuka (tidak perlu ambil kartu tol)
  2. Gerbang Keluar : Berikan Kartu E-Money pada petugas Tol untuk di tap ke reader sebagai alat bayar.
  3. Gerbang Tol akan terbuka
Gampang dan mudah bukan? 

Permasalahan yang timbul dan menjadi tantangan petugas Tol sebetulnya adalah edukasi penggunakan GTO kepada pengguna kendaraan. Rasanya masih banyak pengguna jalan yang tidak sabar kemudian menerobos pindah jalur yang lebih kosong namun ternyata didepan adalah lajur GTO.

Praktis mobil tersebut tidak dapat melewati GTO dan malah membuat antrian menjadi semakin panjang. Dari pengalaman ini bukankah sebaiknya semua produk e-money di Indonesia dapat digunakan di GTO? 





4 komentar:

  1. Saya kemarin masuk GTO, di situ ada mesin tap in e money namun ada jg mesin yg mengeluarkan kartu tol

    Saat mobil saya masuk mengapa kartu itu otomatis keluar ya,sehingga saya gajd tap in tp saya ambil kartu,lalu sampai di gerbang out saat kartu tol saya kasih plus emoney petugas menolak meminta cash, apakah jika masuk gto kita tetap tap in saja lalu palang ny terbuka dan kartu yg keluar itu.kita abaikan saya tidak apa? Mohon infonya ya

    BalasHapus
  2. Klo gerbang masuk, memang ada 2 mode : pakai e-Toll atau ambil kartu..tinggal pilih yang mana. Klo pake E-tool cukup tap...biarkan yg kartu keluar tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas infonya, jadi bila menggunakan kartu prabayar seperti e-tool, flazz BCA, Brizzi, cuekin saja kartu tol yang keluar dan langsung bayar pake kartu prabayar masing-masing ya.

      terima kasih sudah bantu jelaskan dimari.

      Hapus
  3. amazing simpe tapi bermanfaat...

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::