Advertorial Bisnis Online

Black Hat versus White Hat

Temen-temen pebisnis online tahu tidak beda antara Black Hat sama White Hat?

Kalau kamu termasuk golongan orang yang punya latar belakang ilmu komputer, harusnya tahu lah beda antara black hat dan white hat. Kalau tidak tahu bahaya juga sih, karena tidak mungkin seorang pakar IT tidak pernah ngoprek mengenai komputer dan pemrograman. Ngoprek itu apa ya? Kalau orang sunda bilang "ngulik". Kalau orang jawa mungkin hanya bilang ngotak-atik. Intinya mencari tahu bagaimana cara kerja sesuatu dan bagaimana membongkar dan membuat proses kerja sendiri.

Keduanya sama saja sih tujuannya, yang bikin beda cuma caranya ^.^


Bisa ditebak dari namanya, black hat pastinya berhubungan sama dunia hitam sedangkan white hat berhubungan sama dunia putih. Bahasa sederhananya adalah black hat itu memakai cara kotor, sedangkan white hat memakai cara yang diperbolehkan.

Misalkan tujuannya adalah tampil di halaman depan Google Search, maka cara blackhat dan white hat pasti berbeda. White hat technique untuk mencapai halaman pertama Google pastinya dengan mematuhi aturan yang ditetapkan Google.

Caranya sangat banyak dan akan saya ulas di lain hari saja ya. Pastinya seorang whitehat akan mempelajari algoritma search engine Google atau juga dikenal robotnya google entah mulai dari Google Panda, Google Pinguin, Google Hummingbird maupun algoritma baru lain yang masih belum memiliki nama.

Belum tahu mengenai algoritma google? simak saja di tulisan yang ini (algoritma search engine google - SEO)

Setelah mengetahui cara kerjanya, teknik WhiteHat berikutnya adalah melakukan apa yang disukai algoritma tersebut agar bisa tampil di halaman pertama Google. Saat ini sih algoritma yang paling mudah dilakukan adalah hummingbird dimana untuk blog, rasanya blog yang banyak percakapannya lah yang bakal naik di halaman pertama. Untuk website murni, mestinya bisa coba agar disukai algoritma lain. O iya ada 200 lebih algoritma lho yang bertugas menentukan blog atau situs kita ada di posisi mana ^.^

Berbeda dengan whitehat teknik agar tampil di halaman depan Google, aliran black hat mungkin menambahkan sesuatu yang tidak pantas seperti :

  1. Meningkatkan jumlah kunjungan dengan menyebarkan virus buatan sendiri yang bertugas membuka website yang ingin ditampilkan di halaman depan google search
  2. Meracuni DNS dengan alamat website kita agar secara random DNS tersebut membuka situs kita
  3. dsb

Bagaimana sudah kebayang bedanya belum?

Bila di dunia kerja, maka whitehat pastinya mematuhi semua prosedur yang ada, sedangkan blackhat tentunya mencari cara agar seluruhnya terlihat sesuai prosedur walau sebetulnya dilakukan diluar cara yang ditetapkan, misal : otomasi alur web di perusahaan dengan bot ^.^

Pasti belum jelas kan sama penjelasan saya, tunggu posting selanjutnya deh, saya jamin seru semua mulai sekarang :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::