Advertorial Bisnis Online

Bisnis Online - Mendapatkan Traffik

Cara mendapatkan traffik merupakan salah satu hal yang paling sulit dipelajari dalam memulai bisnis online.

Secara garis besar begini, ketika kamu membuka toko bisnis online maka traffik adalah jumlah pengunjung yang mengunjungi toko bisnis onlinemu setiap harinya. Ibaratnya kalau tidak ada pengunjung yang datang ke toko maka tidak ada barang yang terjual di hari itu bukan. Hal ini sama dengan bisnis online. Bila tidak ada traffik yang datang ke alamat website/situs/blog kita maka dapat dipastikan penghasilan kita dari bisnis online adalah NOL karena tidak ada pembeli yang datang dan tidak ada barang yang berhasil terjual di hari itu.

Bagaimana cara meningkatkan traffik untuk bisnis online kita?


Sebleum pertanyaan itu terjawab, saya ingin bertanya balik ke kamu. Traffik seperti apa yang kamu mau? Misalkan begini, kalau kamu menjual mobil phanter, tentunya kamu mau pengunjung yang benar-benar mencari mobil phanter bukan. Pengunjung yang hanya lewat dan kemudian masuk ke toko bisnis online bisa dipastikan tidak membeli mobil phanter, tapi hanya melihat-lihat! bisa saja dia membeli di suatu saat seh :D

Jadi begini untuk mendapatkan traffik yang benar-benar sesuai dengan apa yang kita jual, kamu bisa menggunakan media iklan di internet untuk bisnis online kamu. Media iklan ini ada banyak, diantaranya ada Google Adwords, Kliksaya, PPCIndo, Kumpulblogger, Bidvertiser, Adbrite dan masih banyak lagi. Hanya saja karena kita berlokasi di Indonesia, akan menjadi lebih mudah jika kita memakai jasa PPC yang ada di Indonesia seperi Kliksaya, PPCIndo maupun kumpul blogger.

Pemikirannya cukup sederhana, jika kita memakai jasa PPC di Indonesia maka tata cara transfer uang menjadi lebih mudah dan murah. Perhitungan pembayarannya sama dengan PPC luar negri yaitu kita membeli sejumlah pulsa dengan harga tertentu. Setelah itu pulsa tersebut akan berkurang seiring dengan jumlah klik unik pada iklan kita. Ini berarti kita hanya perlu membayar atas kunjungan orang lain yang sesuai dengan apa yang kita jual.

Satu hal yang penting adalah trafik gratis adalah dari search engine! namun demikian karena banyaknya pebisnis online yang juga mengandalkan search engine, maka bisa aja situs bisnis online kamu berada diurutan terakhir dari halaman search engine. Itulah mengapa kamu perlu memakai jasa PPC agar kita situs bisnis online kita bisa muncul di banyak lokasi dengan cepat.

Apakah Boleh situs bisnis online kita menampilkan iklan PPC?

Sebetulnya tidak ada larangan pada etika bisnis online dalam menampilkan iklan PPC. Tapi perlu kamu ingat bahwa situs bisnis online kita semestinya menjual produk tertentu yang menarik bagi pembeli. Untuk itulah bila kita menampilkan iklan orang lain yang menawarkan produk yang sama dengan bisnis online kita, bukankah hal itu justru berbahaya bagi bisnis online? Karena bisa aja pembeli yang tadinya mau membeli barang di situs kita bisa beralih ke situs lain dan membeli produk pesaing. Kalau seperti ini rugi donk! demi mendapat Rp. 150,-- kita harus kehilangan margin dagangan kita :D Pemikiran ini rupanya juga disarankan oleh pemilik kliksaya [Bpk David Ciang]

Bagaimana agar bisnis online kita muncul di halaman utama search engine?

Agar dapat muncul di halaman utama search engine misal dengan keyword "bisnis online" sebagai pencarian, kamu harus banyak mendapatkan trafik terlebih dahulu. Entah lewat email marketing ke teman-teman sampai cara-cara white hat dan black hat yang saya bahas kelak setelah selesai membahas bisnis online.

2 komentar:

  1. numpang baca-baca dan belajar ilmunya ya.
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  2. saya yang terima kasih anda sudi mampir di blog sederhana ini

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::