Advertorial Bisnis Online

Mempercepat Loading Page Blog

Pro blogger yang menggunakan sebuah blog untuk membuka bisnis online baik yang mencari uang lewat program pay per click, pay per review, pay per sale (commission based) maupun yang berjualan sendiri pasti mengetahui bahwa kecepatan sebuah page untuk dibuka merupakan hal yang sangat penting. Berikut adalah beberapa hal yang mampu meningkatkan kecepatan loading sebuag page dalam blog.

Jumlah Entri (Post) di Halaman Utama Blog

Kecepatan loading page sebuah blog sangat ditentukan oleh berapa jumlah entri (post) yang ditampilkan di halaman utama. Secara teori jumlah post (entri) yang dianjurkan oleh Google AdSense Team adalah sebanyak kurang dari 10 entri (post) dengan penambahan teknik read more (baca selengkapnnya).

Widget dan JavaScript pada Blog

Untuk meningkatkan optimasi kecepatan loading page pada blog sebaiknya blogger menggunakan widget yang disediakan oleh Blogger. Ini dikarenakan widget – widget ini ada pada server yang sama dengan server dimana blog kamu ditempatkan. Kecuali kamu menggunakan hosting lain dengan domain lain pula dan tidak menggunakan subdomain .blogspot.com

Bila terpaksa menggunakan widget dan javascript/html dari pihak lain missal untuk program pay per click, pay per review, pay per sale (commission based) sebaiknya kode javascript/html tersebut diletakkan pada bagian bawah blog. Kalaupun harus diletakkan pada bagian sidebar sebaiknya kamu letakkan javascript/html tersebut di bagian paling bawah. Usahakan yang paling berat berada di yang paling bawah.

Gambar, Musik dan Video

Blogger yang sudah bergelut lama dengan bisnis online menggunakan blog mestinya sudah tahu bahwa penggunaan gambar akan memberatkan loading. Apalagi penggunaan musik dan video dalam blog. Meskipun demikian karena gambar, musik dan video ini merupakan hal yang bisa digunakan untuk menarik perhatian pembaca sebaiknya blogger mengoptimalkan penggunaan gambar dan video.

Blogger dapat mengoptimalkan hal ini untuk menarik pembaca bisnis online dengan cara memperkecil ukuran gambar dan sebisa mungkin gunakan thumbnails yang menuju gambar aslinya. Pertimbangkan untuk mengupload gambar yang digunakan di Picasa Web Albums untuk meningkatkan kecepatan membuka halaman blog.

Custom CSS

Blogger yang menggunakan custom css pada blognya untuk membuka bisnis online harusnya meletakkan kode css tersebut di bagian paling atas blog untuk meningkatkan kecepatan membaca kode html.

First Thing First

Hal yang paling penting menurut saya adalah bagian yang paling dicari oleh pembaca seharusnya dapat tampil lebih cepat dibandingkan bagian yang berfungsi untuk menarik perhatian. Ini berarti penggunaan sidebar di sebelah kiri harusnya berisi hal yang menarik perhatian pembaca untuk membaca blog. Hindari meletakkan iklan dan bagian penarik perhatian lain di side bar kiri karena bisa saja bagian tersebut error dan loadingnya lama kemudian pembaca tidak melanjutkan browsing di blog kamu dan beralih ke situs lain yang loading pagenya lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::