Advertorial Bisnis Online

Ngomongin Bank Century (BCIC)


Para blogger dan pebisnis online mungkin ada yang bermain saham juga? Hari ini ada kabar gembira bagi BCIC (kode saham bank century).

Setelah di koran sabtu kemarin bank century dinyatakan diambil alih oleh LPS saya sempat ketir-ketir juga dengan saham BCIC yang sebagian dipegang oleh rekan sekantor (saya gak beli saham BCIC) tapi kalau dia report, biasanya saya juga ikut “direpoti”.

Bank century (BCIC) kapan itu mengalami proses gagal kliring dengan nominal kliring sebesar Rp. 5 Milyar. Bagi yang belum mengerti proses kliring. Singkatnya begini, BI mengembangkan sistem skn (sistem kliring nasional) dengan maksud bila seorang nasabah Bank Century mengirimkan uang ke Bank BRI maka secara tidak langsung yang terjadi adalah rekening giro Bank Century di BI akan di debet (dikurangi) dan rekening giro BRI di BI akan di kredit (ditambahkan) sebesar nominal yang dikirimkan. Nah kalau waktu itu rekening giro bank Century tidak bisa di debet oleh BI maka dinyatakan gagal kliring. Artinya bank century tidak mampu menambah saldo giro bank century di BI.

Terkait dengan hal ini sebetulnya pihak BI telah berusaha menenangkan nasabah Bank Century agar tidak panik dan melakukan rush karena ini malah akan memperparah kondisi bank Century karena kehabisan modal. .Sabtu lalu LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) juga telah mengambil alih Bank Century namun dia juga telah mewanti-wanti publik yang memegang saham agar tetap tenang dan tidak panik karena porsi kepemilikan saham yang mereka pegang tidak diganggu gugat.

Dengan pengambil alihan sementara ini berarti saham tersebut sekarang sepenuhnya milik LPS sementara ini. BankLPS pun menuturkan bahwa sejumlah saham tersebut bisa saja dibeli dulu atau dapat dijual kembali. Yang jelas saat ini BCIC telah disuspensi sampai LPS selesai membicarakan hal ini dengan Bapepam

Yang jelas saat ini Bank Century telah kembali beroperasi. Namun keputusan LPS selaku pemilik sementara saham BCIC juga belum ada keputusan. Blogger dan pebisnis online lain punya saham di BCIC? Ikuti terus perkembangannya ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::