Advertorial Bisnis Online

Lagu Kampanye Terbuka



Ada fenomena menarik di balik pesta demokrasi Indonesia di tahun 2009 ini. Salah satu hal yang mungkin sering dibaca oleh blogger adalah adanya lomba SEO dengan tajuk Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009. Kontes SEO yang sangat meledak ini diikuti oleh ribuan blogger di tanah air yang berlomba agar tampil di depan mesin pencari Google dengan keyword panjang tersebut.

Nah bagi para blogger yang mungkin kehabisan Ide untuk menulis tentang kampanye guna memenangkan keyword kampanye damai pemilu indonesia 2009, kamu bisa memakai ide post sebagai berikut :

Tidak Lagi Dangdutan

Iya betul pada kampanye terbuka kali ini, lagu dangdut tak lagi sepopuler pada saat pemilu periode tahun 2004. Tampaknya artis dangdut harus mau berbagai penghasilan dengan artis pop dalam kampanye kali ini. Dalam Pilkada DKI 2007, lagu dangdut nyentrik jarang dibelai alias 'Jablay' menjadi primadona. Hampir dalam setiap kampanye oleh pasangan Adang Daradjatun-Dani Anwar dan Fauzi Bowo-Prijanto, lagu itu selalu dinyanyikan. Khusus untuk kampanye Adang-Dani, lagu Jablay diplesetkan sesuai dengan kebutuhan kampanye.

Sementara lagu dangdut koplo 'Kucing Garong' yang berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat menjadi runner up tangga lagu (top chart) yang paling banyak diminati. Lagu dangdut lain yang tidak masuk tiga besar tapi masuk top ten seperti, Mandi Madu (Elvi Sukaesih), Begadang (Rhoma Irama), Gadis Atau Janda (Elvi Sukaesih).

Lagu Populer

Kalau lagu dangdut tidak lagi populer terus lagu apa yang digunakan pada kampanye terbuka kali ini? Ternyata setelah beberapa waktu mencari informasi di Internet, diketahui bahwa lagu yang populer dinyanyikan pada kampanye terbuka kali ini adalah lagu dari Andra and the Backbone berjudul Sempurna diikuti dengan lagu The Rock Indonesia yang berjudul Munajat Cinta.

Dibalik semua ini

Namun demikian ternyata lagu dangdut masih dinyanyikan oleh artis dangdut terkenal pada kampanye terbuka kali ini. Siapa lagi pelakunya kalau bukan Bang Haji Rhoma Irama. Dengan membawakan lagu 'Adu Domba' ciptaannya, ayah dari Ridho Irama ini sukses menggoyang peserta kampanye PPP di Lapangan Blok S beberapa hari lalu. Nah sementara itu lagu pop populer berjudul Sempurna banyak dinyanyikan oleh pendukung Partai Demokrat sedangkan lagu Munajat Cinta sering diusung oleh pendukung Partai Golkar.

Plesetan Lagu

Penasaran dengan penggunaan lagu-lagu pop tersebut pada saat kampanye terbuka? Berikut adalah refrain lagu pop itu yang tentunya telah dirubah syairnya

Sempurna (SBY)

Kau adalah pelindungku
Kau adalah pemimpinku
Kau adalah hidupku, lengkapi diriku
Oh Demokrat kau begitu...sempurna...

Munajat Cinta (JK)

Tuhan kirimkanlah aku
pemimpin yang baik hati
yang mencintai rakyatnya, Jusuf Kalla...

Hmm kalau melihat plesetan lagu tersebut untuk keperluan kampanye, saya jadi berpikir apakah pihak label yang menggandeng artis yang mempopulerkan lagu tersebut tidak keberatan? Atau jangan2 mereka sudah menerima royalti terkait dengan penggunaan lagu? Wow kalau itu benar berarti sangat banyak pendapatan offline para artis itu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::