Advertorial Bisnis Online

Advanced SEO Technique


Maaf saya bukan ahli SEO, namun saya ingin setiap blogger berpikir seperti layaknya ahli SEO agar dia tidak terjebak dalam paradigma SEO lama dan segera melihat out of the box.

Setiap blogger tentunya ingin agar situsnya ramai dikunjungi oleh user. Banyak sekali dari mereka mencari informasi tentang cara-cara menaikkan trafik blog/situs. Berbagai macam artikel tentang Search Engine Optimization (SEO) dan obrolan seputar SEO pun dilakukan. Beberapa dari mereka menggunakan cara curang seperti automatic surfing untuk meningkatkan trafik. Namun demikian tahukah anda mana yang benar-bernar berhasil?

Beberapa dari ajaran SEO telah saya lakukan, diantaranya adalah mempertebal (bold) kata kunci (keyword) yang ingin kita tembak, memperbesar font, memberi warna yang berbeda, melakukan pengulangan terhadap keyword, menggunakan sinonim / antonym dari keyword dll. Namun demikian seberapa banyak pengaruh hal ini terhadap trafik?

Saya mencoba mengajak anda melihat ke luar kotak sekarang. Bila saya adalah ahli SEO maka saya ingin menciptakan teknik SEO saya sendiri agar saya memenangkan peta persaingan di search engine. Ada beberapa hal yang mungkin dilakukan. Saya sendiri sedang memikirkan beberapa kemungkinan sebagai berikut :

Menulis artikel tentang SEO dengan teknik yang “SALAH”

Jangan terkecoh dengan judulnya. Saya membuat ilustrasi, anda sedang ingin belajar tentang SEO. Anda melakukan pencarian di search engine dan kemudian mendapati sebuah artikel yang mengajarkan tentang SEO. Anda memeriksa Alexa Rank dan Page Rank situs tersebut dan menyimpulkan bahwa artikel ini valid dan anda bias berada di halaman depan bila mengimplementasikannya.

Namun demikian pernahkah anda berpikir ada banyak orang juga yang melakukan hal yang sama? Apakah yang anda lakukan sudah benar? Bagaimana hasilnya? Saya tidak ingin mengajarkan untuk berburuk sangka namun tidak semua tulisan di internet adalah benar. Saya juga tidak mengklaim tulisan ini benar, tulisan ini merupakan apresiasi saya tentang SEO.

Tukar Link perbanyak Backlink?

Backlink memang terlihat berguna tapi benarkah ini memperbaiki posisi anda di search engine? Menurut saya ada sebagian kecil teknik SEO yang dirancukan sehingga apa yang anda lakukan tidak begitu berguna bagi google. Salah satu contoh yang ingin saya ambil adalah bertukar link untuk memperbanyak backlink.

Salah satu contoh adalah bila seseorang menulis tentang “mencari uang di internet” dan kemudian bertukar link dengan sebuah situs yang berbicara tentang “teknik berkebun”. Maka apa yang terjadi di mata google? Saya sendiri juga tidak tahu, namun bukankah kedua hal diatas tidak berhubungan? Apakah backlink seperti ini akan sangat berbobot di mata Google atau jangan-jangan malah mengurangi bobot dari backlink itu sendiri? Sekali lagi hanya Google yang tahu. Saya hanya bisa menyarankan kepada anda untuk selektif terhadap ajakan tukar link. Menurut saya tukar link antar situs yang sama-sama berbicara tentang cara mencari uang di internet jauh lebih berbobot.

Kontes SEO untuk mengalihkan perhatian

Ada satu fenomena lain yang terjadi belakangan ini. Sebuah kontes SEO rupanya adalah salah satu teknik advanced SEO, setidaknya itu menurut saya.

Katakanlah seorang ahli SEO sedang menembak keyword “Internet Money”. Ahli SEO tersebut melihat keyword ini bersaing dengan banyak sekali blogger di seluruh dunia dan dia merasa tidak sanggup untuk “segera” tampil di halaman depan mesin pencari dalam waktu 1 – 6 bulan ke depan. Katakanlah dia telah menerima kontrak untuk memunculkan sebuah situs dengan keyword tertentu.

Nah salah satu hal yang mungkin dilakukan adalah dengan cara mengadakan kontes SEO. Mengapa begini? Saya menyadari bahwa iming-iming uang adalah salah satu yang menarik di dunia internet, setidaknya itu pendapat saya.

Dengan mengumumkan sebuah kontes SEO dengan keyword tertentu (lebih aneh lebih baik) maka apa yang terjadi? Banyak sekali blogger yang kemudian beralih untuk menulis mengenai keyword tersebut. Dengan begini ahli SEO ini leluasa untuk menembak keyword yang ingin ditampilkannya di mesin pencari. Pesaing berkurang sehingga kesempatan untuk tampil di halaman depan Google lebih tinggi.

Ah tidak, setidaknya saya mengingat hingga 5 cara untuk advanced SEO, tapi tiba-tiba lupa karena diajak bicara oleh teman saya. Baiklah saya akhiri dulu mengenai teknik advanced SEO ini, ingat saya bukan ahli SEO!

2 komentar:

  1. postingannya oke bro..
    bener2 out of the box..
    cara pandang baru dlm dunia SEO.
    salam kenal bro..

    BalasHapus
  2. nantikan postingan lain tentang SEO out of the box ya bro. lagi nge-draft nih

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::