Advertorial Bisnis Online

Pentingnya Situs Mobile



tampilan mobile sebuah situs penjualan tiket

Pentingnya Situs Mobile

Setelah membaca beberapa ulasan dari GOMO yang mengajak pembacanya untuk membuat tampilan situs yang nyaman dibuka dari smartphone, penulis berusaha untuk merubah beberapa situs yang memang selama ini sudah diandalkan untuk mencari uang secara online.

Penulis sendiri menyadari bahwa inisiasi Google untuk mengajak publisher menyediakan tampilan yang "user friendly" bagi smartphone adalah semakin tingginya trafik/kunjungan ke sebuah situs dari browser khusus smartphone khususnya Android.

Meningkatnya Trafik dari Smartphone

Beberapa fakta yang ada saat ini memang mendukung bahwa pengunjung internet yang membuka situs dengan smartphone semakin meningkat. Bahkan Google mengklaim bahwa pada tahun 2013 semua orang akan lebih suka menggunakan handphone untuk surfing dibanding menggunakan PC.

Google sendiri juga memberikan informasi bahwa searching yang berasal dari handphone meningkat hingga 4x lipat di tahun 2010 dan mereka juga memiliki target hingga 2015, semua orang akan memiliki smartphone dan menggunakannya untuk mencari informasi online.

Ekspektasi pengguna Smartphone

Rata-rata pengguna smartphone di Indonesia menggunakan handsetnya untuk melakukan browsing. dan bisa dibilang hampir semua orang yang aktif browsing akan berlangganan layanan data bulanan sehingga mereka dipastikan lebih sering melakukan browsing.

Dan disinilah ide dimana dipastikan dikemudian hari ekspektasi pengguna smartphone adalah dapat membuka website yang cukup "friendly" pada handsetnya. Mereka tidak perlu melakukan zoom, banyak melakukan scroll atau bahkan tidak ingin membuka situs dengan tampilan amburadul karena ada script yang tidak berjalan atau ada script tidak kompatibel bagi smartphone.

Penulis sendiri walaupun saat ini masih menggunakan Nokia E5-00 dengan browser opera mini, penulis juga enggan membuka situs lain dengan tampilan yang berantakan bila dipaksakan menjadi satu kolom oleh opera mini.

Sekarang coba bayangkan apabila ada satu saja, penulis ulangi satu saja maskapai penerbangan Indonesia dengan situs yang user friendly bagi smartphone layar lebar (terutama touch screen). Penulis yakin pengunjung situs maskapai tersebut pasti meningkat dan pasti berujung pada tingginya okupansi pesawat sehingga laba maskapai tersebut meningkat.

Namun demikian apabila memang hal ini dihindari oleh maskapai penerbangan dengan alasan akan mematikan bisnis rekanan travel agent, maka Indonesia memang tidak akan bisa maju.

Contoh lain adalah situs perbankan misalnya. Bisa dipastikan seluruh situs perbankan belum ada yang mobile phone friendly. Semuanya terdiri dari banyak kolom yang memaksa kita untuk scroll horizontal maupun vertikal.

Sekali lagi apabila ada satu saja perbankan yang memiliki situs mobile phone friendly maka penulis bisa pastikan tingkat kunjungan nasabahnya bisa meningkat dan tentunya mereka bisa semakin loyal dan berujung pada tingginya simpanan/pinjaman dan terangkatnya laba perusahaan.

Tetapi, hingga saat ini pun masih ada beberapa bank yang situs utamanya bahkan tidak dapat dibuka. Ada juga maskapai penerbangan yang situsnya akan kembali ke halaman awal (home) walaupun dibuka menggunakan PC dan sudah masuk ke menu konfirmasi pembayaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::