Advertorial Bisnis Online

Kredit Bunga Murah (KKP-E)





Menjawab pertanyaan beberapa rekan mengenai produk pinjaman bank dengan bunga murah, kali ini penulis ingin membahas salah satu program pemerintah yang selama ini dikenal dengan nama KKP-E.


Pengertian KKP-E

KKP-E (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi) sebenarnya sudah ada sejak tahun 2003 dengan nama KKP (Kredit Ketahanan Pangan). Pada tahun 2008 ditambahkan kata energi dengan maksud Indonesia kedepannya bisa memproduksi ethanol dan Bio Solar sebagai alternatif pengganti BBM.


Jenis KKP-E

Sebagai salah satu upaya ketahanan pangan dan energi, KKP-E kemudian dibagi lagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah KKP-E Pengembangan Tanaman Pangan, KKP-E Pengembangan Tanaman Holtikultura, KKP-E Pengembangan Perkebunan, KKP-E Peternakan, KKP-E Pengadaan Pangan, KKP-E Perikanan dan KKP-E Alsintan dengan komoditas selengkapnya dapat dibaca di artikel kami yang berjudul (komoditas KKP-E).


Bunga Murah KKP-E

Sesuai dengan tujuannya, KKP-E memiliki bunga lebih murah dibanding pinjaman komersial bank pada umumnya karena sebagian dari bunga KKP-E disubsidi oleh pemerintah.

Jadi KKP-E bukanlah pinjaman yang berasal dari pemerintah, melainkan pemerintah memberikan subsidi atas pinjaman KKP-E. Karena itulah bunga pinjaman bisa lebih murah.

Misalkan bila bunga pinjaman komersial adalah 13% efektif per tahun maka bunga KKP-E yang harus dibayar oleh debitur pinjaman hanya sebesar 5% sedangkan sisanya sebesar 8% akan ditagih oleh Bank ke Pemerintah.


Dimana bisa pinjam KKP-E

Rasanya hampir seluruh perbankan (terutama BUMN) dapat melayani pinjaman KKP-E. Setahu penulis tiap-tiap perbankan biasanya menerbitkan ketentuan khusus terkait KKP-E yang disesuaikan dengan kebijakan umum perbankan itu sendiri.

Hal ini bisa saja terkait pemberian fee atas pelaksanaan KKP-E hingga sistem penjaminan ke perusahaan penjamin khusus maupun penjamin kredit untuk komoditas tertentu seperti padi dan tebu.

Perbankan yang melayani KKP-E diantaranya adalah BRI, BNI, Mandiri, Bukopin, Bank Daerah (BPD) dsb. Namun mohon dicatat bahwa setiap perbankan memiliki petugas sendiri untuk melayani pinjaman KKP-E tersebut.

Misalkan bila anda ingin memperoleh fasilitas pinjaman KKP-E dengan bunga murah di BRI, maka anda harus menghubungi Kantor Cabang BRI (Kanca BRI). KCP BRI dan BRI Unit tidak dapat memberikan pinjaman KKP-E. Hal serupa bisa saja terjadi di bank lain seperti BNI maupun Mandiri


Syarat KKP-E

Persyaratan KKP-E tentu saja bervariasi tergantung komoditas KKP-E yang diajukan. Misalkan untuk komoditas ternak, tentu saja yang dapat mengakses adalah peternak dan diharapkan peternak tersebut memiliki record yang baik dengan PPL setempat.

Secara dokumen, persyaratan yang diperlukan cukup sederhana yaitu KTP, KSK / KK dan pas photo 4x6

2 komentar:

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::