Advertorial Bisnis Online

Cara mengatasi HP Lambat





Beberapa waktu lalu penulis merasa salah satu gadget kesayangan penulis mulai bermasalah. Nokia E5-00 yang biasa menemani penulis dalam membuat artikel, menjadi reminder serta browsing dimana saja dan kapan saja mulai lambat.

Gambaran permasalahannya mungkin seperti ini, pada saat standby sering muncul can’t write to memory, you should continue or data will be lost. Pada saat tersebut selalu penulis pilih continue, tetapi pesan tersebut tidak hilang. Selain mengganggu, terkadang penulis jadi tidak bisa menggunakan HP sama sekali karena jendela konfirmasi error ditampilkan dengan opsi “always on top”.

Nah untungnya intensitas kemunculan pesan tersebut berkurang bila HP dimatikan lalu Micro SD dilepas sementara sambil digosok dengan kertas pada bagian logamnya.

Gambaran permasalah lain adalah pada saat membuka Ovi Maps program berjalan sangat lambat sehingga tidak bisa memberikan arah ke tujuan penulis secara turn by turn dengan tepat. Hal ini tentunya sangat mengganggu karena penulis memang masih mempertahankan Nokia E5-00 dalam genggaman hanya karena fitur turn by turn voice navigation tersebut.

Permasalahan lain adalah pada saat membuka opera mini maupun browser lain. Pada saat membuka blogger, terkadang HP serasa hang selama 10 detik dalam waktu tertentu. Walaupun termasuk sebentar, berhubung aktifitas penulis dalam membuka browser sangat sering, tentunya hal ini juga sangat mengganggu.

Penulis lalu mengambil kesimpulan bahwa seluruh program yang berjalan pada Nokia E5-00 tersebut berubah menjadi lambat dan harus dilakukan sesuatu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Beberapa langkah yang sudah penulis lakukan untuk mengatasi lambatnya HP Nokia E5-00 adalah sebagai berikut :


Menghapus Inbox dan Sent Item pada SMS

Penulis menghapus kira-kira 1500 sms pada folder inbox dan 20 sms pada folder sent item. Namun demikian memang system yang berjalan masih tidak secepat seperti biasanya.


Menghapus Applikasi yang tidak digunakan

Untuk mengatasi lambatnya HP Nokia E5-00, penulis menghapus beberapa program yang tidak digunakan, tetapi dalam kasus ini penulis hanya menghapus 4 aplikasi. Proses penghapusan berjalan sangat lambat, tidak seperti meng-unistall aplikasi biasanya. Penulis jadi berkesimpulan ada sesuatu yang salah dengan system write dan read pada Mirco SD. Sebetulnya cara ini tidak terlalu bermanfaat selain prosesnya yang lambat, penulis juga tidak menginstal terlalu banyak aplikasi seperti halnya pada gadget android yang mencapai 130 lebih aplikasi.


Membersihkan Micro SD Card

Penulis masih ingat, ketika system komputer pada PC menjadi lambat dan sering error (blue screen), terkadang permasalahan ada pada memory (RAM) dari system komputer. Pada saat itu penulis membersihkan memory dengan kertas biasa dan digosok seperti gerakan mengamplas.

Cara ini sedikit membantu karena error menjadi lebih jarang, namun demikian masih sering muncul dan termasuk sangat mengganggu.


Memformat Micro SD Card

Salah satu ide yang muncul adalah memformat Micro SD Card. Kenapa? Alasannya adalah semua data yang ada di Nokia E5-00 rata-rata di simpan pada Mirco SD Card tersebut. Salah satu contoh aplikasi WhatsApp yang disetting untuk menyimpan foto, video ke Micro SD Card. Aplikasi lain yang mungkin disetting untuk menyimpan file pada Extention Card adalah Perekam Suara, Kamera maupun Video.

Aplikasi wajib yanga da di Nokia E5-00 yang pasti menggunakan Micro SD Card tentunya adalah Ovi Maps yang menyimpan peta dan semua tempat yang sudah kita simpan sebagai tempat favorit. Nah karena alasan inilah kemudian penulis memformat Micro SD Card dengan cara melepasnya dari Gadget Nokia kemudian memformatnya dengan menggunakan komputer.

“Jangan pernah memformat langsung dengan menghubungkan gadget Nokia ke komputer karena proses format akan menjadi lambat dan cenderung seperti hang.”

Pertama-tama penulis menggunakan mode format - quick format. Proses quick format memang berjalan dengan cepat, namun dmeikian penulis tidak yakin dengan hasil format dan mengulanginya dengan format biasa (tanpa mencentang opsi “quick format”). Kali ini proses format berjalan lebih lambat dengan sedikit error ketika mendekati 100%

Pengulis mengulang proses format kedua kalinya. Format berjalan lebih lama dari yang pertama dan kali ini tanpa error.

Setelah di format, kemudian penulis mencoba menggunakan kembali Micro SD Card ke Gadget Nokia E5-00 dan hasilnya semua berjalan dengan lancar. Aplikasi Nokia Ovi Maps berjalan lebih cepat dan tentunya penulis tidak tersesat seperti biasanya.




4 komentar:

  1. TOP Postinggnya Gan...
    Saya mau tanya Gan, Bagaimana cara menghapus file video yang tersimpan di memory SD. Pada Hp nokia E5. saya sudah coba tapi tidak bisa di hapus gan...thanks pencerahannya

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara hapus fideo di Nokia E5 gan...?? ane dah coba tapi g bisa di hapus

    BalasHapus
  3. TOP Postinggnya Gan...
    Saya mau tanya Gan, Bagaimana cara menghapus file video yang tersimpan di memory SD. Pada Hp nokia E5. saya sudah coba tapi tidak bisa di hapus gan...thanks pencerahannya

    BalasHapus
  4. @Joko Umbaran

    Beberapa file video yang tersimpan di SD CARD Nokia E5 harusnya dapat dihapus dengan mudah bila dibaca di komputer.

    Coba dilepas dulu Micro SD nya lalu dibaca menggunakan modul card reader dan hapus video yang dimaksudkan.

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::