Advertorial Bisnis Online

Menampilkan Iklan Adsense Pada Template Mobile Blogger

Pada saat ini, penulis yakin bahwa penggunaan perangkat mobile untuk mendapatkan informasi melalui internet termasuk website dan blog sangat tinggi dibanding penggunaan desktop. Hal ini tentunya seiring dengan berkembangnya perangkat mobile Android yang mampu menciptakan ekosistem baru pada dunia internet.

Penggunaan perangkat mobile tentunya memaksa publisher website untuk menampilan versi mobile dari situs mereka untuk tetap dekat dengan penggunanya. Permasalahan yang kemudian timbul dari hal ini adalah adanya dukungan iklan pay per click seperti Google Adsense untuk template mobile.

Penulis kali ini akan membatasi permasalahan pada penggunaan Google Adsense pada template Blogger Mobile. Blogger yang menggunakan template mobile secara default ternyata belum bisa menikmati layanan Iklan Adsense pada template mobile yang mereka gunakan.

Untuk menampilkan iklan Google Adsense pada perangkat mobile, kita harus sedikit melakukan editing terhadap template yang ada. Penulis sendiri menggunakan template awesome inc yang disediakan oleh blogger.

Beberapa hal yang penulis lakukan adalah :


Membuat Iklan Baru di Google AdSense

Penulis membuat iklan baru di Google Adsense khusus untuk mobile template yang telah terbukti support dan menghasilkan revenue tinggi dengan ukuran 300 x 250


Gunakan HTML Parser pada Script Google AdSense

Copy script iklan Google AdSense yang muncul dan pastelah pada tools HTML parser seperti yang diberikan situs http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php seperti tampak pada gambar dibawah ini 

klik parse dan diatasnya akan muncul versi HTML yang dapat di copy langsung ke template blogger yang kita gunakan.


Edit Blogger HTML Template

Login Blogger lalu lakukan edit template seperti contoh dibawah :

                                                               
 









Klik tombol edit HTML lalu carilah tulisan
yang diatasnya ada tulisan

seperti yang tampak pada gambar dibawah ini







Setelah melakukan penambahan script iklan Google AdSense versi HTML langsung pada template Blogger pilihan kita, jangan lupa untuk klik save dan pastikan situs kita tampil dengan normal untuk meyakini tidak ada kesalahan dalam edit HTML tersebut.


Aktifkan Mobile Template Custom


Setelah melakukan copy paste Script Google AdSense langsung ke mobile template HTML, langkah berikutnya yang harus dilakukan tentunya adalah mengaktifkan Mobile Template itu sendiri.

Secara default blogger akan mengaktifkan default mobile template. Namun demikian dengan pilihan tersebut iklan Google AdSense yang telah kita definisikan belum tentu keluar.

Untuk memastikan iklan tersebut keluar, kita harus mengaktifkan Mobile Template Custom sehingga Blogger akan menampilkan versi mobile dari template awesome inc yang telah kita tambahkan dengan script google adsense.

Singkatnya pembaca sekalian bisa melihat pada screenshot berikut :

Setelah semuanya selesai cobalah untuk membuka blog anda dari HP untuk mengetahui apakah versi mobile dari blog kita dapat menampilkan iklan atau tidak. Atau kalau pembaca ingin memeriksa dari desktop komputer maka tambahkanlah ?m=1 pada alamat blog. Contoh http://klikmenurutsaya.blogspot.com/?m=1

Ada cara lain yang lebih mudah atau pembaca menemui masalah saat ingin menambahkan Iklan Google AdSense pada Mobile Template? Bila pembaca berkenan, mohon sharing di kotak komentar ^.^

10 komentar:

  1. Postingan yang jelas. Panduannya mudah diikuti terutama bagi pemula hoogle adsense yang ingin belajat

    BalasHapus
  2. terima kasih, kalau ketemu masalah silahkan ditanyakan

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. @boby terima kasih kembali, semoga tulisan tentang adsense pada mobile template berhasil meningkatkan pendapatan bulanan dari Google

      Hapus
  4. Balasan
    1. blog nya sangat responsive, iklan google adsense pada template tersebut sepertinya sangat optimal

      Hapus
  5. bermanfaat sekali. sudah saya terrapkan dan berhasil. thx gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas komentarnya, ditunggu kunjungan selanjutnya

      Hapus
  6. Makasih Atas Infonya Gan,. Untuk yg prtma Saya diterima di iklan adsense tpi tahap kedua sudh ditolak, entah kenapa, padahal template aku sama seperti kamu punya, (tempalate awesome) tpi sy tdk melakukan edit apapun,. Apa harus di edit gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut penulis, sebaiknya konsentrasi dulu ke isi blog sebelum mendaftar ke adsense.

      menurut saya hal yang paling utama bukanlah template melainkan isi blog (termasuk originalitasnya) dan jumlah pengunjung blog itu sendiri.

      Hapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::