Advertorial Bisnis Online

Kenapa Bank Menolak Permohonan Kartu Kredit

Tahukah kamu kenapa Bank menolak permohonan kartu kredit kamu?

Sekedar sharing aja neh, muga-muga kamu gak bosen soalnya topic kali ini Kartu Kredit (lagi). Saya merasa perlu untuk melakukan klarifikasi terkait banyaknya pertanyaan seputar Kartu Kredit BRI yang saya ulas sebelumnya. Beberapa rekan banyak yang bertanya kenapa ya kartu kredit saya tidak di approve? Nah inilah jawabannya!!

Menurut data yang saya dapatkan (sumber dirahasiakan) beberapa alas an kenapa card centre suatu bank menolak permohonan kartu kredit kamu adalah (ini saya urut dari yang paling atas ya) :

Daftar Hitam AKKI

Nama Kamu masuk dalam daftar hitam AKKI (asosiasi kartu kredit Indonesia)  yang ini kepanjangannya saya karang sendiri tapi kayanya masuk dah.. Nah kalau kamu masuk dalam daftar hitam ni kayanya ampe tuapun aplikasi kamu gak akan disetujui. Kecuali kamu udah keluar dari daftar hitam. Tapi gimana caranya?? Gampang ya kamu bayar aja tagihan yang udah kamu nikmati sebelumnya !

Calon Debitur Sulit Dihubungi

Kebayang gak seh kamu punya wewenang untuk meminjamkan uang kepada orang lain. Nah tentunya kamu harus bisa menghubunginya bukan? Untuk itulah Bank biasanya memeriksa nomor yang kamu masukkan dalam formulir untuk melakukan konfirmasi mengenai kebenaran data yang kamu masukkan. Bila kamu sulit untuk dihubungi, dari mana mereka bisa mengetahui data kamu benar atau tidak ?

Debitur melakukan manipulasi data

Manipulasi data biasanya terjadi dengan cara mengisikan suatu data yang tidak sebenarnya. Data centre yang menelpon kemudian menanyakan beberapa pertanyaan dengan acuan formulir yang telah diisikan. Bila kamu salah menjawab banyak pertanyaan rasanya kamu telah berbohong dalam pengajuan bukan?

Status kepegawaian debitur

Calon debitur umumnya akan ditolak bila debitur tidak pegawai tetap. Namun demikian hal ini tidak selalu menjadi masalah asalkan kamu telah memiliki kartu kredit lain. Apalagi yang limitnya lebih tinggi hehehe.

Penghasilan Terlalu Kecil

Gaya manipulasi data ini biasa terjadi bila debitur menginginkan kartu dengan limit lebih tinggi daripada seharusnya atau bahkan jumlah gaji setahun debitur kurang dari minimum yang diharuskan untuk memperoleh kartu kredit. Kalau seperti ini ya jelas bakal ditolak. Soalnya yang namanya pengajuan kartu kredit memang udah ada stkamurnya dan tidak bisa di tolerir.

Kelengkapan dokumen kurang

Yang ini nih emang karena kamu kelewatan apa kelupaan? Kamu mestinya sudah tahu bila data yang dilampirkan kurang tentunya ditolak. Gimana mau disetujui kalau KTPnya gak ada?? Darimana Bank tahu kamu tinggal dimana dan alamat penagihan kamu!

Usia calon debitur terlalu tua atau terlalu tua.

Tahukah kamu perbankan mensyaratkan calon debitur kartu kreditnya untuk berusia antara 21 tahun s/d 55 tahun ? di bawah 21 tentunya oleh Negara kamu masuk dalam kategori belum dewasa dan diatas 55 tahun tentunya kamu sudah memasuki masa pension dan sudah tidak aktif bekerja lagi sehingga penghasilan kamu takutnya telah berkurang banyak :D

Tanda Tangan Kosong / Berbeda / Meragukan

Kalau yang satu ini gak aku komentari deh. Kalau kamu bener2 niat ngajukan kartu kredit dan ingin di approve tentunya kamu berusaha memenuhi apa yang diminta bukan? Karena itu jangan ampe kosong. Apalagi tanda tangan kamu beda antara kotak yangsatu dengan yang lainnya. Emang kamu gak apal tanda tangan sendiri? Atau jangan2 emang sengaja mau malsuin kartu kredit?

Yak, beberapa hal diatas memang alasan alasan kenapa permohonan kartu kredit kamu ditolak. Nah agar tidak ditolak pelajari tuh ulasan diatas dan jangan sampai kamu melakukan satu dari contoh diatas OK.

Klik disini untuk mendownload formulir kartu kredit BRI


Artikel Kartu Kredit terkait :
Batas Waktu Promo Kartu Kredit BRI Bunga 2,2%
Promo Kartu Kredit BRI buy one get one
Kenapa Bank Menolak Kartu Kredit
Kemana mengirim formulir kartu kredit
Cara mengajukan Kartu Kredit BRI online

14 komentar:

  1. untuk pegawai kontrak apakah bisa mengajukan kartu kredit BRI ini?
    trima kasih

    BalasHapus
  2. maaf, seperti yang kami tulis diatas, status kepegawaian biasanya dipersyaratkan pegawai tetap. Jadi pegawai kontrak belum dapat dipertimbangkan/disetujui permohonan kartu kreditnya. Apa lagi BRI ini pemain baru dalam kancah kartu kredit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi saya diterima kok mas..
      Apalagi saat ini saya memegang 3 cc, itu masih bisa diatur lah hehehehe

      Hapus
    2. betul, mungkin setelah beberapa tahun bermain di kancah kartu kredit, BRI mulai membuka diri untuk pegawai kontrak

      Hapus
  3. sebelumnya saya ada masalah dan kemungkinan masuk dalam daftar AKKI, namun tahun 2006 kemarin semua hutang teakh say lunasi dan mendapat surat pelunasan. Tp sampai saat ini, semua pengajuan KK saya tidak ada satupun yang disetujui. Apakah nama saya belum dibersihkan dari daftar blacklist setelah 2 tahun berselang? Apa dan kemana saya harus melapor? Pihak bank2 yg terkait tidak bisa memberikan bantuan sama sekali.
    Thx

    BalasHapus
  4. saya sendiri kurang mengerti proses yang dijalankan di dalam AKKI, tapi semestinya karena hutang sudah dilunasi dan dua tahun sudah berselang, anda bisa mendapatkan kartu kredit kembali.

    Sudahkan mencoba menghubungi AKKI ? siapa tahu masalah bisa terselesaikan.

    AKKI (Asosiasi Kartu Kredit Indonesia)
    Graha BIP, lt 9 - Jl. Gatot Subroto Kav 23, Jakarta 12930
    Telpon : +62 21 520 4411
    Fax : +62 21 520 4212
    email : Sekretariat@akki.or.id

    kalau anda hanya berhubungan dengan bank, ada kemungkinan bank hanya melihat track recordnya saja sebelum memutuskan untuk memberikan pinjaman lewat kartu kredit.

    semoga terbantu :D

    BalasHapus
  5. saya pernah memiliki pinjaman macet di bank, namun pinjaman tersebut telah saya lunasi, kenapa ya aplikasi kartu kredit saya selalu ditolak?

    BalasHapus
  6. @anonim

    terima kasih atas pertanyaannya, saya coba jawab ya

    seluruh pinjaman akan masuk pada catatan BI. bila pinjaman tersebut lunas seperti biasa (tidak macet) catatan tersebut akan dihapus, namun bila sebelumnya telah macet walaupun nominalnya kecil, BI tetap mencatatnya dan walaupun lunas catatan tersebut masih disimpan dalam jangka waktu 2 th.

    Dari sini ada kemungkinan karena pernah memiliki pinjaman macet, anda harus menunggu 2 tahun sejak pelunasan sebelum catatan tersebut dihapus. Inilah mengapa permohonan belum disetujui.

    Bila lebih dari 2 tahun dan permohonan masih saja ditolak, ada kemungkinan pencatatan AKKI lebih lama lagi daripada BI.

    BalasHapus
  7. bagian yg surveyor kartu kredit banyak yang bego

    kalau mau survey calon debitur,

    datengin tuh rumahnya

    jangan pakai telpon doang

    dilihat hidupnya bagaimana,

    tagihan telpon jutaan tidak pernah nunggak saja, masih bisa ditolak apply kartu kredit yang cuman 3 juta

    emang berengsek yg bagian penolak kartu kredit buat entrepreneur yang tabungan saldo puluhan juta, mutasi lancar

    emang berengsek

    BalasHapus
  8. hmm memang seh saat ini aplikasi kartu kredit biasanya hanya diverifikasi melalui telp. bahkan kalau telp yang ada sulit dihubungi, maka bisa dipastikan aplikasi tidak disetujui

    terkait dengan tagihan telp jutaan dan gak pernah nunggak dan adanya saldo tabungan puluhan juta kenapa tidak sekalian dilampirkan pada aplikasi permohonan.

    setau saya ada juga yang mempersyaratkan menggunakan saldo tabungan sebagai jaminan (BCA). Saran coba komunikasikan dengan card center bank tersebut mengenai hal ini sebagai point tambahan untuk dilampirkan

    BalasHapus
  9. Mau tanya ya

    Apakah beda catatan blacklist AKKI dan catatan BI.
    Saya pernah punya kasus dengan salah satu Bank, Saya applied kartu kredit dan ditelephone katanya tidak diapproved. Tapi sebulan kemudian saya dtagih deb collector katanya saya ada tunggakan. Ya jelas saya marah, ternyata ada staff yang fraud kartu saya. (Data saya disalahgunakan). Tapi pihak bank tidak mau tahu. Saya juga tidak mau bayar. Saya bilang sampai kapanpun tidak akan pernah saya bayar dan berniat membawa ini ke pengadilan. Tapi ntah kenapa pihak bank sepertinya nyerah dan tidak pernah menagih saya lagi.
    Tapi setiap saya applied kartu kredit saya pasti ditolak. Boro boro applikasi saya sampai ke Analyst, diverifikasi saja tidak. Tapi saya sudah pasrah, dan alhasil saya pake kartu debit BCA setiap beberbelanja.
    Tapi yang saya heran, karena kakak saya bekerja di bank pemerintah, saya suruh intip data pribadi saya, ternyata data saya di catatan BI bersih.
    Pertanyaan saya
    1. Kenapa saya tidak pernah diverifikasi pihak bank setiap applied KK apakah pada saat data saya dicapture ke system card mereka, sudah ada alarm nya saya ada kasus tunggakan?
    2. Apakah catatan AKKI dan BI Berbeda?
    3. Kalau beda, KTA memakai data apa? BI atau AKKI.
    4. Saya coba ambil KTA untuk renovasi rumah, kemarin saya terima sms, bilang applikasaisaya sudah masuk tahap proses akhir.

    Tolong jawabannya. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. Mencoba jawab ya sob!,

    1.

    Ketika kita mengajukan permohonan kartu kredit, maka bagian verifikasi kartu kredit akan melakukan pemeriksaan ke sandi BI, disebut juga sistem informasi debitur, disini saya sebut dengan catatan BI.

    Pada catatan BI tersebut, seluruh data pinjaman kita mulai dari pinjaman kartu kredit, pinjaman ke pembiayaan motor hingga KPR ada semua. Bila kita memiliki satu saja tunggakan pada catatan BI ini maka dipastikan aplikasi kartu kredit kita tidak akan disetujui.

    Seperti yang saja jelaskan pada komentar sebelumnya, catatan BI ini tetap tersimpan selama 2 tahun sejak kita melakukan pelunasan. Ini berarti selama 2 tahun pula kita tidak akan pernah bisa apply kartu kredit.

    Jadi bila sebelumnya kita memiliki tunggakan dan berniat mengajukan kartu kredit dengan cara melunasi tunggakan tersebut, kita harus menunggu hingga lebih dari 2 tahun sebelum BI menghapus status menunggak tersebut dan kita bisa apply kartu kredit lagi.

    2.

    Betul sekali, catatan AKKI dan catatan BI berbeda, catatan BI lebih bersifat informasi untuk perbankan mengenai data pinjaman nasabah. Rupanya hal ini juga digunakan oleh AKKI untuk menyusun catatan tersendiri.

    Kalau diatas saya gambarkan catatan BI anda harus menunggu 2 tahun sebelum bisa mengajukan kartu kredit ini lebih dikarenakan setelah 2 tahun sejak pelunasan BI menghapus catatan tunggakan tersebut.

    Mohon maaf saya kurang tahu berapa lama AKKI menghapus nama anda dari catatan mereka.

    3.

    Jika yang anda maksudkan dengan KTA adalah Kredit Tanpa Agunan, maka KTA hanya menggunakan data BI.

    4.

    [menurut saya] KTA anda dapat saja diproses bila tidak ada tunggakan yang tercatat di BI. Terkadang biarpun ada tunggakan di BI, bila petugas yang memproses ini "melihat" anda mampu membayar angsuran, dapat saja KTA anda disetujui.

    Kl boleh saya share, petugas bank akan melihat anda dari segi 5 C (collateral, condition, capital, character, .. .. ehm C yang satu lagi saya lupa hehehe) Intinya seh yang penting karakter, kl dia udah percaya dengan anda ya pasti di acc kreditnya

    kalau anda bilang KTA untuk renov rumah, saya yakin sekali bila itu di acc maka (seharusnya) permohonan kartu kredit anda juga bisa disetujui. Saran saya coba ajukan permohonan kartu kredit ke bank yang sama yang memberikan KTA kepada anda.

    BalasHapus
  11. kalau cc BRI brp lama proses nya? soalnya saya ditawarin cc bank lain dan prosesnya lama skali sampai dua bulan, kira kira penyebab nya apa?

    BalasHapus
  12. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan, mengembangkan bisnis skala kecil atau menengah Anda? Ibu Elizabeth Louis Pinjaman Perusahaan memberikan kesempatan untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan dengan memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% untuk awal untuk setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Ibu Elizabeth Louis untuk LOAN Anda hari ini melalui email: elizabethlouisloancompany@gmail.com

    BalasHapus

Punya pendapat yang berbeda?
Ingin bertanya lebih lanjut?

Kami sangat berterima kasih bila anda berkenan untuk menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar kami

:: klikmenurutsaya ::